Senin, 15 Juli 2013

Posted by X-10 On 01.46



Penjabaran 5S pertama dan 5S kedua
Seperti yang mulai di terapkan di lingkungan SMA N 1 Purbalingga ini, yang biasa kami sebut 5S pertama, dan 5s kedua adalah bentuk penerapan sekolah dengan lebih menunjukkan sikap dan sopan santun di samping sisi intelektual dalam melakukan kegiatanya.        
Tujuanya adalah di samping meningkatkan prestasi akademik juga meningkatkan Sikap sopan santun para siswa-siswi terutama di sekolah.

   

Dari 5S yang pertama, semua warga sekolah baik Siswa-siswi, Bapak/ibu guru maupun staf karyawan SMA N 1 Purbalingga sehat lahir maupun batin. Senyum, salam, salaman dan sapa baik antara siswa dengan siswa maupun antara Bapak dan Ibu guru juga sudah di banyak terlihat pelaksanaanya terutama di lingkungan sekolah. 5S pertama ini di terapkan dengan tujuan, agar semua warga sekolah dapat saling mengenal dan lebih dekat satu sama lain.


Untuk 5S yang ke2, di dalam 5s yang kedua ini, siswa-siswi di SMA N 1 Purbalingga ini  di latih untuk mempunyai sikap yang siap dan siasat, maksudnya para siswa harus siap dengan apa yang sedang maupun yang akan di hadapinya serta pada saat itu juga para siswa memilki siasat yang baik untuk menghadapi hal tersebut. Maka dari itu dalam KBM para guru lebih banyak mengajukan pertanyaan di bandingkan menerangkan pada siswa. Itu di lakukan, karena dengan pertanyaan guru dapat membantu siswa dalam berfikir. Guru dapat mengajukan pertanyaan yang sesuia pada kemampuan tiap individu siswa, Sehingga mampu memnyimpulkan pendapat serta dapat meningkatkan pengertian terhadap segala sesuatu yang sedang di bahas. Paling tidak siswa mampu menemukan sendiri, konsep atau prinsip yang di rencanakan guru untuk di miliki siswa. Penerapan ini juga dapat melatih kemandirian siswa.
Lalu yang ke tiga adalah sohih yaitu, senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menurut kepercayaan masing-masing siswa.
Lalu yang ke 4 dan ke 5 ada sains dan social. Di sini para siswa di tuntut dan di latih untuk berfikir secara sains dan memiliki sosial yang tinggi.



0 komentar:

Posting Komentar